web stats
SELAMAT DATANG DI INSPORTS ....


Sudah Tidak Berolahraga ini yang akan terjadi

Apakah anda pernah bertanya seandainya ANDA berhenti total berolahraga ?

Dalam jurnal Medicine & Science inSports and Exercise mengeksplorasi sebuah studi terbaru pada kembar identik. Dalam studi tersebut, parapeneliti finlandia mengamati 10 pasang pria kembar identik yang dibesarkan pada rumah yang sama dengan rata-rata berumur sekitar pertengahan 30 tahun per pasangan. Karena mereka identik, mereka juga berbagi DNA yang sama.

Satu-satunya hal yang membedakan mereka adalah meskipun mereka telah mempertahankan tingkat aktivitas fisik yang sama dalam hidup mereka, tetapi dalam beberapa tahun terakhir karena bekerja atau tekanan keluarga menyebabkan setiap satu dari kembar dari pasangan tersebut tidak berolahraga.

BACA JUGA : Kenapa kita harus Berolahraga ?

Rata-rata kembar yang aktif berolahraga setidaknya 2 kali seminggu, sedangkankembar yang kurang aktif berolahraga kurang dari 2 kali seminggu. Untuk mendapatkan data kesehatan mereka secara keseluruhan tim peneliti meneliti setiap kembar melalui sejumlah tes medis.Hasil penelitian menunjukkan perbedaan besar di antara masing-masing kembar. Kembar yang aktif berolahraga memiliki tubuh dengan presentase lemak yang lebih rendah(20,7%/24%), tingkat ketahanan yang lebih baik dan sensitivitas insulin normal. Sedangkan kembar yang kurang aktif berolahraga memiliki sekitar 3 kg lebih lemak tubuh, daya tahan lebih buruk dan sensitivitas insulin yang menunjukkan tanda-tanda penyakit metabolic awal.  Tidak hanya tubuh mereka yang berbeda, kondisi otak mereka juga berbeda. Kembar yang aktif berolahraga memiliki fungsi motorik dan keseimbangan yang bagus pada otak mereka.

Ini penelitian yang jelas menunjukkan bahwa berhenti berolahraga dapat mengacaukan tubuh dan otak. Jordan Metzl,MD, kedokteran olahraga dan penulis The Exercise Cure mengatakan jika anda berhenti berolah raga membuat kondisi anda siap untuk kondisi kronis seperti diabetes